17 Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja

tertawa-2Sumber : Aku Ingin Sukses
Oleh : Arswino Sonata.

Stress adalah keadaan jiwa yang paling populer di abad ini. Coba anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin anda sendiri sedang mengalaminya?
Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, anda akan terkena banyak masalah kesehatan.

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa :
– Lebih dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan bahwa mereka mengalami stress di tempat kerja.
– Stress di tempat kerja adalah masalah kedua yang sering terjadi disamping masalah sakit punggung.
– Dari hasil survei juga dikatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
Mohon maaf karena saya belum mendapatkan hasil survei di Indonesia, tapi kurang lebih saya perkirakan sama.

Sebelumnya saya akan sampaikan beberapa hal utama yang dapat menyebabkan stress di tempat kerja :
– Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan
– Ketidakjelasan tugas yang diberikan
– Permintaan barang yang sangat tinggi
– Kurangnya perencanaan kerja
– Adanya ancaman di kalangan karyawan
– Teriakan dan makian para konsumen
– Teman kerja yang selalu mengganggu
– Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang dsb.
– dan yang paling buruk, tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas.

Hal-hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.
Jika ada hal-hal diatas yang anda rasakan …. hmmm, saya rasa anda perlu segera merubah aktivitas anda sehari-hari baik di tempat kerja maupun di hidup anda secara keseluruhan.

Berikut adalah 9 tips mengatasi stress di tempat kerja :

1. Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).

2. Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.

3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

4. Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.

5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.

6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.

7. Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.

8. Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.

9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

Disamping stress di tempat kerja, di kehidupan secara umum kita pun dapat mengalami stress dengan beberapa alasan.

Berikut adalah 8 tips mengatasi stress dalam kehidupan :

1. Lakukan pemijitan tubuh (body massage), karena pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan anda.

2. Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.

3. Lakukan hobi anda, seperti memancing, mendaki gunung atau apapun yang anda senangi. Anda bisa juga melakukan petualangan yang belum pernah anda alami sebelumnya seperti berarung jeram misalkan.
Melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menghilangkan pikiran yang menyebabkan stress.

4. Banyak asumsi yang mengatakan bahwa bir, anggur atau whiskey dapat menghilangkan stress. Pada kenyataannya, air putih lah yang dapat menghilangkan stress. Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau 2 gelas anggur memang dapat menyebabkan kita relax saat itu, tetapi setelah efek alkoholnya hilang, stress kemungkinan besar akan membangunkan anda di tengah malam.
Dengan banyak minum air putih akan membantu memulihkan tubuh kita dari kekurangan cairan, karena kekurangan cairan dapat menimbulkan keletihan.

5. Lakukan meditasi. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress adalah meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.
Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.

6. Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi yang alamiah jika orang tersebut kemudian melampiaskannya dengan mengkonsumsi banyak makanan. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dimana insulin ini dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mood anda menjadi jelek.

7. Seks adalah penyembuhan yang sangat baik untuk menghilangkan stress. Banyak dokter mengatakan bahwa seks adalah cara yang luar biasa dalam meredam kemarahan dan stress.

8. Jika tubuh kita sedang lelah, tidak mudah bagi kita dalam mengendalikan stress. Tidak cukup tidur akan mempengaruhi keseluruhan hari kita, dan biasanya kita mengalami hari yang buruk karena kurang tidur menyebabkan kita tidak dapat berkonsentrasi dan melihat suatu permasalahan lebih buruk dari yang seharusnya. Tidur yang baik bagi orang dewasa adalah 7 jam sehari.

Silahkan bagi anda yang mempunyai tips yang lain bisa menambahkannya di kolom komentar.

About these ads

20 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: 17 Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja « Lase La … | Bisnis Online
  2. omiyan
    Mei 06, 2009 @ 10:46:00

    awah musti dicoba deh hehehe

  3. Imam Soeharto.S.Huy
    Jun 10, 2009 @ 09:16:31

    1. makan coklat
    2. bagi umat islam, ambil air wudhu lakukan sholat wajib jika waktux tlah tiba

  4. lenny
    Agu 10, 2009 @ 07:30:14

    saya termasuk org yg stress di tempat kerja, dan itu gak bagus untuk kesehatan , cuma gara2 ada kerjaan sampingan, jd sekarang ga stress lagi… hehehe :)

  5. dika
    Okt 18, 2009 @ 18:36:39

    kepuasan menghinggap pada ahli syukur.ketentraman menghinggap pada ahli ahli zikir.ketegaran menghinggap pada ahli sabar.kemudahan menghinggap pada ahli pikir

  6. dika
    Okt 18, 2009 @ 18:49:29

    stres internal;stres karna akal.akal karna tidak tahu dan pola pikir.lantas emosi,nafsu,dan egois.dan secara fisik.contoh jantung gak normal mengakibatkan cemas.

  7. dika
    Okt 18, 2009 @ 19:19:52

    berpengaruhlah bagi diri sendiri.contoh ketika sesuatu hal yang tidak di ingini menghampiri banyak diantara kita melarikan ke minuman berakohol.kalau anda gak berpengaruh bagi diri sendiri tentu anda akan minum.tapi kalau anda berpenaruh bagi sendiri tentu anda gak akan minum karna akal anda tahu minuman itu merusak.dan anda mampu untuk tidak minum.belajarlahlah tuk jadi berpengaruh bahi diri sendiri

  8. dika
    Okt 18, 2009 @ 19:23:49

    tahukah anda orang yang paling bodoh di dunia ini.ialah orang yang sudah tahu merugikan bagi dirinya tapi masih melaksanakannya.

  9. dika
    Okt 18, 2009 @ 19:37:32

    selain stres pada umumnya megeluh ialah benci.benci karna kesalahan orang pada kita dan kita punya rasa iri.pada hakekatnya manusia tidak ingin d benci.orang berbuat kesalahan pada kita pun demikian.mungkin kesalahan orang kepada kita dia tidk menyadarinya.kitapun serina gitu bukan.alasn k2 mungkin karna kesalahan dari kita tp mgkn kita gk menyadarinya.alsn k3 karna dia iri trhdp kita.lantas apkh kita sikapi dg emosi.mari kita belajar tuk mengakui kesalahan kita dan maklumilah n jadi seorang yang pemaaf.dan janganlah kita membenarkan diri

  10. ivan
    Jun 20, 2010 @ 19:34:23

    Artikel yang sangat berguna dan mungkin bisa memotivasi semua orang Salam Sukses……….

  11. Judhy
    Jul 16, 2010 @ 13:23:24

    Namun yg anehnya kadang ada manusia yg berlagak bahagia dimata teman2nya,dibalik itu semua hanya bersandiwara yg sebenarnya dirinya sedang dlm jenjang stress,utk itu sebagai tambahan klo lg setress hirup saja udara segar setiap pagi yg bisa membantu menjernihkan otak kita.TQ pak artikelnya.wasalam

  12. Sandra
    Jul 22, 2010 @ 09:14:48

    eh dimana mana ternyata sama aje..thanks bu

  13. nabil
    Nov 07, 2010 @ 12:16:08

    ooooo..
    bagus..2………………

  14. Johan Barita
    Nov 12, 2010 @ 11:13:00

    zumpek jg di tmp kerja yg byk sk sirik satu sama laen yg akhirnya hubungan satu sama yg laen tdk kompak dan terasa dingin knapa ya padahal kalau kita semua saling bahu membahu dan saling mendukung tanpa punya perasaan sirik apapun pasti kita akan merasakan di tempat kerja itu seperti di rumah sendiri, jadi saran saya jadikanlah tempat kerja anda sebagai rumah kedua dalam hidupmu :)

  15. I. Marpaung
    Nov 23, 2010 @ 18:36:25

    motivasi mengapa org tdk krasan ditmpt krja bermcm2, ada yg dari dalam diri pribadi yg tdk mrasa puas dan tdk puas jg dgn lingkungannya

  16. linda
    Agu 06, 2011 @ 03:59:57

    terlalu lama bekerja membuat bosan,sedangkan untuk mencari kerja lain takut akan penyesuaian diri lagi dll..

  17. Frienny Dahlan (@JenkNeny)
    Mar 13, 2012 @ 10:17:23

    huuuuuahhh

  18. Handz
    Jun 13, 2012 @ 13:22:28

    sminggu pertama kerja adalah,…masa stresss

  19. Hari Haryanto
    Jul 05, 2012 @ 13:02:53

    hari hari saya adalah setres…teriakan customers,Bos,dan tanggung jawab yang menumpuk….. help me… kapan2 kita liburan bareng yah biar gak setres..
    hari.haryanto28@yahoo.com

  20. levitra
    Jun 15, 2013 @ 03:46:11

    Wonderful article! This is the kind of info that are supposed
    to be shared around the net. Shame on the seek engines for now not positioning this publish upper!

    Come on over and visit my website . Thanks
    =)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: