Bagaimana Menetapkan Tanggal Paskah???

salib

Pengirim : Sumardin Mendröfa

Pernahkan anda memperhatikan bahwa tanggal paskah selalu berobah tiap tahun? Berbeda dengan Natal, Paskah tidak memilikio tanggal yang tetap. Bulannya juga tidak tetap, kadang bulan maret, kadang bulan april. mengapa begitu??
Gereja mula mula tidak pernak direpotkan dengan tanggal paskah, karena mereka merayakannya tiap minggu, yaitu hari terjadinya kebangkitan Yesus Kristus. bagi mereka tiap minggu adalah hari Paskah. barulah pada abad ke 2 jemaat mulai mengkhususkan hari minggu tertentu untuk dijadikan perayaan Paskah. Yang pasti, paskah harus dirayakan pada hari minggu, tapi hari minggu yang mana?
Pada tahun 325, dalam persidangan gerejawi di Nicea, ditetapkan patokan resmi untuk merayakan paskah. Disitu juga ditetapkan pengakuan iman Nicea. Mereka sepakat akan merayakan paskah pada hari minggu pertama sesudah bulan purnama yang jatuh sesudah tanggal 21 maret, yaitu tanggal permulaan musim semi. Apabila bulan purnama itu jatuh pada hari minggu, maka paskah dirayakan minggu berikutnya.
Keputusan itulah yang dipegang teguh hingga sekarang, maka paskah akan jatuh antara tanggal 22 maret dan 25 april setiap tahunnya.
Bulan purnama sudah dapat dihitung jauh hari dimuka. Sebab itu tanggal paskahpun sudah dapat dihitung puluhan tahun kedepan.
Selamat menjelang Paskah…….

IRENE………!!!!!!!

SM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: