Kisah Sukses Berwiraswasta

PenjualSumber : Shvoong

Bagi Anda yang ingin berwiraswasta atau berwirausaha atau ingin mandiri dengan usaha sendiri atau Anda yang sudah mulai berwiraswasta namun masih ragu,maka beberapa contoh kisah sukses mereka yang sudah berwiraswasta berikut ini mungkin bisa menjadikan motivasi untuk tetap berusaha terus menuju kesuksesan dalam berusaha.

Contoh kisah nyata 1:
Empat orang mahasiswa di Jogjakarta setelah selesai kuliah tertarik untuk membuka usaha secara patungan,dimulai sejak tahun 2002 yang sukses dengan usaha waralabanya “Tela-tela”. Bisnis ini mereka tekuni awalnya hanya iseng tertarik dengan kentang goreng dengan saus yang disajikan oleh KFC atau Mikky Donuld. Mereka menyajikanya mirip tapi berdasarkan bahan baku berbeda. Kalau di KFC dengan kentang yang digoreng namun mereka mencoba membuat gorengan ala kentang KFC berbahan dasar singkong. Walaupun berbahan singkong namun dengan disajikan menarik seperti kentang KFC dan dijual dengan gerobak khusus yang dicat merah-kuning layaknya Mikkey Donuld, membuat masyarakat sekitar jadi tertarik. Awalnya hanya ditawarkan dikampus sesama para mahasiswa namun karena laris akhirnya membuka kios kecil dan hasilnya luar biasa, singkong gorengnya laris manis luar biasa!. Sampai mereka di Undang diacara Kick Andy di Metro TV dan mereka menceritakan hal ilhkwal bisnis gorenganya sampai di tahun 2008 sekarang ini, jumlah Otlet dengan sistem waralabanya berjumlah lebih dari seribu unit dan berpenghasilan atau omset milyaran rupiah tiap bulanya. Hebat bukan?. Sungguh tak percaya singkong yang murahan dikampung , disajikan dengan kemasan berbeda dan dikembangkan dengan sistem manajemen waralaba, yaitu dibuka untuk siapa saja untuk bergabung dengan menggunakan lisensi dagangya “tela-tela” dengan mendaftar dengan modal 8 juta rupiah,menjadi bisnis beromset milyaran rupiah perbulan, merupakan hasil luar biasa yang tidak mungkin diperoleh oleh karyawan biasa bukan?.

pedagangContoh kisah nyata 2:
Seorang pemuda tidak lulus sekolah SD dari Solo, membuka kios Bakso Solo dan diberi nama “Jhon Kelana” dan di promosikan lewat siaran radio setempat akhirnya laris uar biasa! Dan jadi tempat tongkrongan anak muda, kemudian diperluas dengan menambah outlet bakso”Jhon kelana” dan dengan sistem waralabanya diseluruh tanah air mencapai lebih dari seribu unit kios”Bakso Jhon Kelana” dan beromset milyaran rupiah juga. Ia diminta hadir dan memberikan pengalamanya bersama Andrie Wongso di ancara Kick Andy Metro Tv.. Sungguh luar biasa bukan?

jual ikanContoh kisah nyata 3:
Seorang perempuan tidak lulus SMA, tepatnya hanya sampai kelas dua dan di droup out karena perempuan tersebut gemar berwiraswasta diluar sekolah, akhinya meantau ke Bandung dan membuka pengepul Ikan dari para nelayan, awalnya dia mengantarkan ikan-ikanya tersebut dengan truk ke hotel-hotel dan restorant di Jakarta dan harus menginap di Truk karena jarak dari Bandung – Jakarta lumayan jauh,namun karena kegigihan usahanya terus berkembang dan suatu hari mendapat permintaan dari orang Jepang untuk mengekspor Loftsernya ke Jepang, Dan pada kejadian gempa tsunami Aceh kemarin dia bersama sang suami ke Aceh tempat gempa paling parah dengan menyewa pesawat Checnya atau pesawat kecil antar kota. Saat meberikan bantuan itulah banyak penyumbang lain terutama dari Jepang yang mengenalnya dan bermaksud menyewa pesawatnya,dengan pengalaman lucu kata Ibu Susi ini namanya, orang-orang Jepang ini selalu datang ke tempat Bu Susi ini dengan menanyakan Susi Air, padahal pesawat yag dipakai tadi hanya pesawat sewaan. Namun orang Jepang tadi tidak mau ambil pusing dan menyewa untuk beberapa hari untuk kendaran di Aceh. Dan akhirnya timbul niat dari bu Susi ini untuk usaha penyewaan pesawat kecil antar kota, Hsilnya luar biasa!, tanpa harus bersaing dengan bisnis penerbangan besar lain,saat ini tahun 2008 dia bersama suami mempunyai pesawat sendiri berjumlah 17 buah untuk disewakan dan beromset milyaran rupiah perbulan. Sungguh luar biasa bukan?tidak lulus SMA pun hasilnya luar biasa.

TIKIContoh kisah Nyata 4 :
Seorang pemuda dari Karanganyar tadinya seorang karyawan biasa pada perusahaan,namun timbul pemikiran menarik,bahwa bagaimana nasibnya bila ia terus menjadi karyawan yang gajinya kecil dan kenaikan gajinya hanya 10 sampai 15 % pertahun. Sampai usia berapa ia harus bekerja? Ia ingin punya rumah,punya mobil dan sebagainya. Akhirnya ia membuka usaha sendiri membuka usaha jasa pengiriman barang, kalau sekarang mirip TIKI atau titipan kilat. Dari pertama yang menyewa rumah dengan dibantu 5 orang karyawan, berhasil mendekati bank-bank dan kantor yang memerlukan jasanya, dan singkat cerita tahun 2008 ini ia telah mempekerjakan karyawan sebanyak 3000 orang karyawan dengan omset perbulan 30 milyaran rupiah, Fantastik! Luarbiasa!, dari seorang karyawan yang mau maju dan mau mandiri akhirnya jadi pengusaha sukses,benar-benar sukses bukan?.

Nah dari cerita diatas tentunya akan menggugah diri kita masing-masing bagaimana caranya untuk bisa mandiri seperti mereka dan bisa sukses seperti mereka, yang penting ada kemauan dan tentunya akan ada jalan. Ngak usah muluk-muluk dulu, bisa dimulai dengan buka warung ayam lalapan atau warung nasi campur, yang penring sabar dan tekun, siapa tahu bisa sukses seperti Wong Solo, dulunya cuma bermodal 4 ekor ayam dengan bangku kecil dan spanduknya yang besar,sukses akhirnya. Bukankah banyak jalan menuju sukses!

Sukses adalah milik setiap orang, bukan milik orang-orang tertentu saja, demikian pesan sang Motivator no.1 Indonesia Andrie Wongso.
Selamat mecoba
Semoga berhasil!
Good Luck!

8 Komentar (+add yours?)

  1. suprian
    Jun 26, 2009 @ 17:38:47

    Saya senang bisa membaca kisah2 orang tersebut di atas.Saya pun hanya seorang buruh pabrik.Gaji kecil,hanya pas buat sehari2.
    Saya pun baru memulai usaha kecil2an sebagai penghasilan tambahan.Saya mencoba menjadi penyalur dan sekaligus berjualan makanan2 kecil khas daerah,seperti aneka rasa kripik pisang,kripik pisang manis,sale pisang dan lainnya.Dan,sudah 2 bulan ini berjalan.Ya,namanya juga pemula,modal pun terbatas,dan pemasaran pun masih terbatas hanya lingkup temen kerja dan warung2.Tapi,melihat banyaknya omset dari pesanan temen2,sampai sekarang saya masih menekuni usaha kecil2an ini.
    Kami pun optimis suatu saat bisa menjadi distributor.Namun, kami masih harus belajar dari temen2 yang sudah sukses.
    Kami minta saran,langkah2 apa yg harus saya lakukan untuk bisa berhasil.Terima kasih

    Suprian.satria@yahoo.com

  2. Irvan
    Okt 16, 2009 @ 20:07:13

    Makasih atas informasinya n oh ya aku juga ingin seperti itu jadi mari kita maju terus pantang mudur

  3. Anwar
    Okt 25, 2009 @ 07:32:14

    WAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAh! Luar Biasa

  4. Atha luthfrani
    Nov 04, 2009 @ 10:33:05

    boleh juga di coba tuh…..

  5. jeny
    Nov 04, 2009 @ 13:00:06

    apa saja harus dicoba,jgn suka milih2 yang penting halal

  6. sunyoto
    Nov 11, 2009 @ 04:52:56

    Untuk ikut bisnis mas Jon kelana, bagaimana caranya ya? Mohon infonya

  7. d
    Mar 03, 2010 @ 14:38:35

    suatu saat saya bs….semua tu harus berusaha dan berdoa

  8. rochem
    Apr 03, 2011 @ 04:25:54

    bagus mas bisa di jadiin inspirasi nih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: