Tips Cara Meredam Amarah Yang Dapat Merugikan Kita Dan Orang Lain

pemadam kebakaranSumber : Forum KG

Ketika emosi dan amarah memuncak maka segala sifat buruk yang ada dalam diri kita akan sulit dikendalikan dan rasa malu pun kadang akan hilang berganti dengan segala sifat buruk demi melampiaskan kemarahannya pada benda, binatang, orang lain, dll di sekitarnya.

Banyak orang bilang kalau menyimpan emosi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat pecah sewaktu-waktu dan bisa melakukan hal-hal yang lebih parah dari orang yang rutin emosian. Oleh sebab itu sebaiknya bila ada rasa marah atau emosi sebaiknya segera dihilangkan atau disalurkan pada hal-hal yang tidak melanggar hukum dan tidak merugikan manusia lain.

Beberapa ciri-ciri orang yang tidak mampu mengendalikan emosinya :

1. Berkata keras dan kasar pada orang lain.
2. Marah dengan merusak atau melempar barang-barang di sekitarnya.
3. Ringan tangan pada orang lain di sekitarnya.
4. Melakukan tindak kriminal / tindak kejahatan.
5. Melarikan diri dengan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, dsb.
6. Menangis dan larut dalam kekesalan yang mendalam.
7. Dendam dan merencanakan rencana jahat pada orang lain. dsb…

A. Beberapa Cara Untuk Meredam Emosi / Amarah Diri Sendiri by organisasi.org :

1. Rasakan Yang Orang Lain Rasakan

Cobalah bayangkan apabila kita marah kepada orang lain. Nah, sekarang tukar posisi di mana anda menjadi korban yang dimarahi. Bagaimana kira-kira rasanya dimarahi. Kalau kemarahan sifatnya mendidik dan membangun mungkin ada manfaatnya, namun jika marah membabi buta tentu jelas anda akan cengar-cengir sendiri.

2. Tenangkan Hati Di Tempat Yang Nyaman

Jika sedang marah alihkan perhatian anda pada sesuatu yang anda sukai dan lupakan segala yang terjadi. Tempat yang sunyi dan asri seperti taman, pantai, kebun, ruang santai, dan lain sebagainya mungkin tempat yang cocok bagi anda. Jika emosi agak memuncak mungkin rekreasi untuk penyegaran diri sangat dibutuhkan.

3. Mencari Kesibukan Yang Disukai

Untuk melupakan kejadian atau sesuatu yang membuat emosi kemarahan kita memuncak kita butuh sesuatu yang mengalihkan amarah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan dapat membuat kita lupa akan masalah yang dihadapi. Contoh seperti mendengarkan musik, main ps2 winning eleven, bermain gitar atau alat musik lainnya, membaca buku, chating, chayang-chayangan dengan kekasih pujaan hati, menulis artikel, nonton film box office, dan lain sebagainya. Hindari perbuatan bodoh seperti merokok, make narkoba, dan lain sebagainya.

4. Curahan Hati / Curhat Pada Orang Lain Yang Bisa Dipercaya

Menceritakan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita mungkin dapat sedikit banyak membantu mengurangi beban yang ada di hati. Jangan curhat pada orang yang tidak kita percayai untuk mencegah curhatan pribadi kita disebar kepada orang lain yang tidak kita inginkan. Bercurhatlah pada sahabat, pacar / kekasih, isteri, orang tua, saudara, kakek nenek, paman bibi, dan lain sebagainya.

5. Mencari Penyebab Dan Mencari Solusi

Ketika pikiran anda mulai tenang, cobalah untuk mencari sumber permasalahan dan bagaimana untuk menyelesaikannya dengan cara terbaik. Untuk memudahkan gunakan secarik kertas kosong dan sebatang pulpen untuk menulis daftar masalah yang anda hadapi dan apa saja kira-kira jalan keluar atau solusi masalah tersebut. Pilih jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Mungkin itu semua akan secara signifikan mengurangi beban pikiran anda.

6. Ingin Menjadi Orang Baik

Orang baik yang sering anda lihat di layar televisi biasanya adalah orang yang kalau marah tetap tenang, langsung ke pokok permasalahan, tidak bermaksud menyakiti orang lain dan selalu mengusahakan jalan terbaik. Pasti anda ingin dipandang orang sebagai orang yang baik. Kalau ingin jadi penjahat, ya terserah anda.

7. Cuek Dan Melupakan Masalah Yang Ada

Ketika rasa marah menyelimuti diri dan kita sadar sedang diliputi amarah maka bersikaplah masa bodoh dengan kemarahan anda. Ubah rasa marah menjadi sesuatu yang tidak penting. Misalnya dalam hati berkata : ya ampun…. sama yang kayak begini aja kok bisa marah, nggak penting banget sich…

8. Berpikir Rasional Sebelum Bertindak

Sebelum marah kepada orang lain cobalah anda memikirkan dulu apakah dengan masalah tersebut anda layak marah pada suatu tingkat kemarahan. Terkadang ada orang yang karena diliatin sama orang lain jadi marah dan langsung menegur dengan kasar mengajak ribut / berantem. Masalah sepele jangan dibesar-besarkan dan masalah yang besar jangan disepelekan.

9. Diversifikasi Tujuan, Cita-Cita Dan Impian Hidup

Semakin banyak cita-cita dan impian hidup anda maka semakin banyak hal yang perlu anda raih dan kejar mulai saat ini. Tetapkan impian dan angan hidup anda setinggi mungkin namun dapat dicapai apabila dilakukan dengan serius dan kerja keras. Hal tersebut akan membuat hal-hal sepele tidak akan menjadi penting karena anda terlalu sibuk dengan rajutan benang masa depan anda. Mengikuti nafsu marah berarti membuang-buang waktu anda yang berharga.

10. Kendalikan Emosi Dan Jangan Mau Diperbudak Amarah

Orang yang mudah marah dan cukup membuat orang di sekitarnya tidak nyaman sudah barang tentu sangat tidak baik. Kehidupan sosial orang tersebut akan buruk. Ikrarkan dalam diri untuk tidak mudah marah. Santai saja dan cuek terhadap sesuatu yang tidak penting. Tujuan hidup anda adalah yang paling penting. Anggap kemarahan yang tidak terkendali adalah musuh besar anda dan jika perlu mintalah bantuan orang lain untuk mengatasinya.

B. Cara Untuk Meredam Emosi / Amarah Orang Lain by organisasi.org :

Untuk meredam amarah orang lain sebaiknya kita tidak ikut emosi ketika menghadapi orang yang sedang dilanda amarah agar masalah tidak menjadi semakin rumit. Cukup dengarkan apa yang ingin ia sampaikan dan jangan banyak merespon. Tenang dan jangan banyak hiraukan dan dimasukkan dalam hati apa pun yang orang marah katakan. Cukup ambil intinya dan buang sisanya agar kita tidak ikut emosi atau menambah beban pikiran kita.

Jika marahnya karena sesuatu yang kita perbuat maka kalau bukan kesalahan kita jelaskanlah dengan baik, tapi kalau karena kesalahan kita minta maaf saja dan selesaikanlah dengan baik penuh ketenangan batin dan kesabaran dalam mengatasi semua kemarahannya. Lawan api dengan air, jangan lawan api dengan api. Semoga berhasil menjinakkan emosi rasa marah anda. SEMOGA INI BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA.

16 Komentar (+add yours?)

  1. Jones
    Mei 23, 2009 @ 11:27:33

    TQ artikelnya berguna buat aq pribadi

  2. earn money online
    Mei 24, 2009 @ 12:10:23

    Interesting news, i will come back here..

  3. Sadewa
    Jun 06, 2009 @ 10:26:53

    Siipp bgt,thanks atas tipsnya!!

  4. satria scamp
    Jun 13, 2009 @ 18:53:45

    thAnkZ dAwh nGsi tw cArAX. . . ??????????????

    Low bZ d jElAsKn lEbih bAnYaK lG CrA2X

    SATRIA D BIMA

  5. Hendri
    Jul 14, 2009 @ 09:47:53

    Wah sangat bagus banget,Thks Tipsnya.

  6. iwan bem2
    Okt 14, 2009 @ 04:47:59

    tips nya berguna bener buat w..
    w jadi ngerti bagaimana membuat kondisi diri jadi damai..
    thank banget y.. tipsny..

  7. Fernando
    Okt 15, 2009 @ 12:10:17

    Thanks buanget, setelah membaca artikel ini gua intropeksi diri,ternyata marah itu tidak baik looooo

  8. martabakspesial
    Des 23, 2009 @ 14:18:19

    kalau ada contoh2 kasusnya bisa tuh diposting skalian

  9. iya
    Des 28, 2009 @ 15:44:54

    ehhhhmmmm kayak nya aku salah satu dr org pemarah deeeh,di liatin org aja ku bs marah lagsung ku tegur tapi gk pk kata kata kasar,di cuekin ama pelayan toko atau gak di layani dgn baik saja ku bs tegur dia dgn lantang dan bs ku laporkan ke atasan nya langsung….yaaa ampuuun …ku pemarah bgt yak ???sbenernya ki gak kayak gini,dulu aku ceria ajah..tapi sejak aku pny banyak masalah kayak nya aku jg jadi sensitif gini…tapi ku mau merubah nya,gak penting bgt,bt hati ku sendiri gak damai sedangkan hidup akan terasa nyaman bila kita baik sama org lain,damai jg rasanya gak menyimpan marah di hati…thx yaa,bt pencerahaan nya

  10. Dj Fredy
    Jan 28, 2010 @ 13:49:09

    terima kasih ada saran yg telah diberikan

  11. poldy djeddin
    Sep 09, 2010 @ 06:56:17

    let’s do it…

  12. Tyas
    Sep 18, 2010 @ 06:32:15

    Makash bgt. .
    Ak lg mrah, kecewa bgt sma byk orang. . Sampe2 ak males bgt ktmu org2 it. .
    Lg ga enak bgt pkoknya swsana hatiku ini. .
    Ak pgang hp akhrny ak browsing tips nglangin rsa mrah.
    Alhamdulillah stelah bca tips2 d atas rsanya ak ga kcwa n mrah lg. . Aq jd tw akar marah adalah pkiran yg crut marut. Smw’a gk dpkrkn dg jernih shgga mjdikan bban 2k qt. Mkasih byk y. .😀

  13. Lisa Lestari
    Nov 01, 2010 @ 18:10:21

    Kayaq nya kesimpulan dari tips ini…

    lebih baik law bisa kita jgan terlalu banyak menuntut dari orang lain..

    lakukanlah selagi kita bisa mlakukannya sendiri,,,,

  14. nia
    Sep 19, 2011 @ 03:53:51

    saya sllu mngalah setiap ad mslah yng dtang,mncba meluluh kan hati si pemarah pi ttap aj sperti itu gk prnah mw mngalaH sllu ingn menang sndri….
    jdi gmna solusi lain ny……..

  15. yuli
    Mar 19, 2012 @ 11:14:33

    bener bnget tu nasehat,,,
    aku akan mncoba mngikuti sran2 tersebet agr ak tdak mnjadi emosian lg,,,

  16. Trackback: Cara Mengatasi Amarah | Kumpulan Cara dan Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: