RESEP SAMBAL TERASI

sambalSumber : Resepnya mbak Evi

Resep 1. Sambal Terasi
20 buah cabai merah, buang biji. 1 sdm terasi bakar (goreng). 2 buah jeruk limau (ambil airnya). 1 buah tomat besar. garam. gula pasir.
Cara membuat: campur dan haluskan semua bahan.

Resep 2. Sambal Terasi
5-6 buah cabai merah. 5 bawang merah. 1 potong terasi. garam. sedikit gula. jeruk limau.
Cara membuat: Potong-potong cabai menjadi 2-3 bagian. Kupas bawang merah, biarkan utuh. Goreng bawang merah dan cabai dengan sedikit minyak hingga matang. Goreng terasi. Gerus/haluskan semua bahan. Bubuhi sedikit air jeruk limau. Aduk rata.

Resep 3. Sambal Terasi
Bahan :

2 buah cabe merah
4 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1/2 buah tomat merah
garam secukupnya
1 sdt terasi matang
2 lembar daun jeruk nipis, iris halus

Cara membuat
1. Goreng semua bahan 1/2 matang kecuali daun jeruk dan terasi
2. Haluskan semua bahan, sajikan

Catatan
Sajikan bersama ayam goreng, tempegoreng dan lalapan.

Resep 4. Sambal Terasi

Sumber : Eliza

Bahan:
4 butir cabe merah
5 butir cabe rawit
2 sendok makan terasi
1 sendok teh air asam
1/2 sendok teh garam
Jeruk limau

Cara membuat:
Cabe merah dan cabe rawit diiris-iris, taruh di cobekan bersama terasi dan garam. Diulek sampai halus, tambahkan air asam. Ulek lagi sampai rata. Bubuhi garam dan peras jeruk limau. Hidangkan.

Catatan: takaran cabe merah dan cabe rawit, tergantung selera pedas masing-masing.

About these ads

64 Komentar (+add yours?)

  1. ida
    Apr 09, 2009 @ 13:35:14

    halo. tks saya sdh coba resep ini, di pencarian google ktemu resep ini .. mksh banget ..ya

  2. Imelda
    Okt 09, 2009 @ 11:21:33

    kemarin ibu2 pada ngumpul dirumah, wow semua pada bawa sambal terasi ala masing2,wuenak banget gitu..kayanye jor2an siape yg pualing enak bikinnya, kata suami sih enak punya kami :) :)

  3. Rebecca
    Okt 18, 2009 @ 12:02:55

    Len sambel ini wuenak banget buat pecel lele, bukankah kamu suka makan pecel lele ama Titin klo pulang sekolah, e bukannya dulu pulang sekolah makan dirmh kalian malah suka mampir ya di kantinnya mbok lancar hhhh ini ni aq kasih resepya untukmu:

    Pecel Lele
    Bahan :
    4 ekor ikan lele
    minyak goreng
    1 sdm ketumbar
    1 siung bawang putih
    2 cm kunyit
    ½ sdm garam

    Lalapan :
    2 buah tomat, belah 4
    1 buah mentimun, iris serong
    6 pucuk daun kemangi, ambil daunnya
    8 lembar daun poh-pohan

    Cara membuat :
    1. Bersihkan ikan lele, belah bagian perutnya, lalu buang isi perut dan insangnya. Cuci ikan hingga bersih dan tidak berlendir lagi.
    2. Aduk lele dengan bumbu halus. Diamkan selama ½ jam agar bumbu meresap.
    3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, masak ikan lele, goreng dengan api sedang hingga agak kering dan matang, angkat.
    4. Sajikan lele sebagai lauk nasi putih atau nasi uduk dengan pelengkap sambal terasi dan lalapan.
    Sambal Pecel Lele:
    5 buah cabe merah besar, goreng
    10 buah cabe rawit, goreng
    2 buah tomat, goreng
    4 siung bawang putih, goreng
    2 siung bawang merah, goreng
    4 buah kemiri, goreng
    1 sdt air jeruk limau/nipis
    1 sdt garam
    Campur semua bahan sambal di dalam cobek, haluskan dengan ulekan hingga lembut.

    Lalapan Pelengkap:
    Timun, Daun kemangi, Tomat
    Selamat mencoba ya len tapi ingat aq ya klo lagi mamam

  4. bontex
    Mar 21, 2010 @ 13:11:56

    ngak enak

  5. Ria
    Mei 15, 2010 @ 10:01:40

    Thank ya aku mau nyoba..

  6. ariesta
    Agu 23, 2010 @ 10:28:02

    makacih ya resepnya…rasa penasaranku ttg pecek lele akhirnya terjawab sudah…

  7. dida
    Agu 27, 2010 @ 07:40:20

    makasih ya mbak resepnya :)

  8. BINTANG
    Nov 25, 2010 @ 04:35:25

    Mbak, kenapa tidak pake terasi dan gula ya?

  9. aji 666
    Des 08, 2010 @ 14:03:15

    ngga enaaaaak………….

  10. Smile _ Happy
    Des 20, 2010 @ 07:18:33

  11. RISDA
    Feb 21, 2011 @ 07:24:43

    ehmmmmmmmm..segera akan dicoba.

  12. sarah andika
    Mar 03, 2011 @ 23:58:49

    heeeeemmm kayane sedep bngt y ibu2…
    Aq mw nyoba dirumah masakin buat calon suami…xixixi

  13. beni
    Apr 02, 2011 @ 05:53:24

    eeeeeeeeeehhhhhhhmmmm mantab nih…buat saya sebagai anak kost-kost’an, yang kangen masakan emak..bisa belajar ngirit nih xixixixxixixixiix……Thank

  14. pulzzahut media
    Mei 19, 2011 @ 13:30:08

    gimana kalo ditambah teri mbak. mak mbyeng rasane

  15. lulu
    Jun 23, 2011 @ 04:13:26

    Pilih yg mna yah.??? tapi thanks yah dah share… :D :) :( ;) :'(

  16. pulzzahut
    Jul 03, 2011 @ 19:48:45

    enak disantap dengan sayur gori

  17. lilies
    Jul 11, 2011 @ 06:24:08

    q pling suka smbel mau dong

  18. dha
    Agu 14, 2011 @ 10:16:03

    maknyossssss

  19. Supri
    Agu 18, 2011 @ 07:11:03

    Ga enak…

  20. aqella
    Agu 23, 2011 @ 09:28:12

    makasih reseopnya tapi ngakk cocok namanya sambal terasi karna ngak ada terasinya

  21. Franata
    Sep 10, 2011 @ 08:38:29

    Muantapppp………….kali……

  22. Dayat
    Sep 22, 2011 @ 14:36:35

    Kalau resep sambal terasi saya cukup simple!!!!!!!!!cukup porsi satu org

    Cabai rawit(kecil) 5-10 biji
    terasi sebanyak ujung jari kelingking
    garam setengah sendok
    penyedap rasa sesuai selera
    Jeruk Nipis sebelah
    Tomat sebelah
    Gula jawa.
    Bawang merah 2 Biji,Bawah putih sebiji
    semua di goreng kecuali jeruk nipis…,garam,penyedap rasa…

    lalu di ulek2 semua nya jadi satu.jadi deh

    kalau ente bilang Ni sambal kacau balau tapi enak ,,,,maklumi buatan pelajar

  23. Mama Dzaki
    Sep 25, 2011 @ 00:19:25

    Yang bilang gk enak itu orang gk doyan sambel maksa makan sambel….jadinya kagak nyambung…buat aq ni resep MAntAB abiiiss…ma kasih ya mbaa…

  24. Black Angle
    Okt 07, 2011 @ 06:16:12

    jadi teringat diriku akan masa kecil dulu wkt msah bersama ibuk,setiap aku gak punya selera makan,,ibuk tersazangku selalu mbuatin,nyedia’in maknan kesukaanku,,,sambal trasi adlh makanan kesukaanku.mkn pakai smbl trasi pke petai,d tmbh sup bayam&kerupuk udang,,Mmmmmmmmmmmm,seger2 nikmat(tp sazang meski aku bs wt sndri tp tak senikmat buatan ibu tersazangku)Bukkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk,,,,,,,Noik Kgen kaliyan sambel trasi damalane ibuk,uhukz,,uhukzzzzzzzzzzzz

  25. Lena Lase
    Okt 09, 2011 @ 15:01:52

    Hallo Black Angle,
    Kalau bikin sambal terasi yang banyak ya…..tolong kirim ke saya juga tapi tanpa bahan pengawet he he he…..ditunggu loh…….makasih atas kunjungannya….

    salam kenal
    Lena Lase

  26. michael
    Okt 23, 2011 @ 09:18:58

    nyammiiiiiiiiiiiii…. jadi laper

  27. Terasi Udang Super
    Nov 10, 2011 @ 15:49:53

    Silakan mampir ke gerai terasi kami

  28. Candra Dwi Afriyanti
    Nov 19, 2011 @ 03:52:01

    calon suami saya suka sambel, klo makan harus ada sambal….nah paling suka sambal terasi…makasih ya resepnya…..

  29. Nurul Aryanii
    Nov 23, 2011 @ 11:09:35

    deLiicious..

  30. isna
    Des 08, 2011 @ 06:01:35

    jadi laperrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  31. Olvie
    Des 13, 2011 @ 04:17:24

    Kayak nya enak nih…

  32. savitri
    Des 20, 2011 @ 04:07:11

    makasih resepnya mau dicobain dulu

  33. angel
    Jan 03, 2012 @ 13:45:24

    mantap,
    masih ada bumbu yg lain?

  34. andi pangestu
    Jan 05, 2012 @ 12:38:56

    enak tenan…
    sipp…

  35. diki
    Jan 31, 2012 @ 12:43:39

    jadi kepengen bikin mba….
    kasih resep lagi dong mba….^_^

  36. Olivia A.P
    Feb 05, 2012 @ 06:46:47

    Oke makasih :)

  37. hminandar
    Feb 12, 2012 @ 02:40:47

    gunakan terasi khas lombok untuk menambah kenikmatan sambal terasi anda, belinya di mana? beli di http://terasilombok.blogspot.com

  38. Kass Mir
    Feb 24, 2012 @ 09:04:47

    Trims Bnget Choy……

  39. aini
    Mar 23, 2012 @ 13:59:15

    wah mantap resepnya….. kbetulan suami sy suka banget dengan sambel….

  40. risma yusbar
    Mar 30, 2012 @ 05:28:01

    ,, Wah terimakasih resepnya mbak , uenak banget .

  41. risma yusbar
    Mar 30, 2012 @ 05:31:59

    ,, Wah uenak banget resanya mbak terimakasih ya,jangan pelitya kasi resepyang lain heheee.

  42. Handoyo
    Apr 03, 2012 @ 08:48:04

    Ma’kasih,Resep sambal terasi nya udah saya coba rasanya oke. Bagi yang ingin resep bandeng kropok bisa lihat di: http://www.bebekgorengradja.blogspot.com.

  43. zakki mubarak
    Apr 08, 2012 @ 01:55:18

    ana mau cb resep ente mg berkesan….trims

  44. nita
    Apr 28, 2012 @ 02:36:07

    mba2 yg jago bkin sambl,tlg dong ksh tau bkin sambel u takarn pas terasi garam n gulanya sgmn biar maknyus,mklm prnh bikin tp rs blm pas,tks yah

  45. afton
    Mei 05, 2012 @ 11:12:18

    enak ternyata

  46. Agung Richard Elvon, S.H.
    Mei 22, 2012 @ 06:29:07

    Reblogged this on Agung Richard Elvon.

  47. Resep Masakan
    Jun 08, 2012 @ 03:45:42

    Wah mantep nih buat dikonsumsi anak kost…pengen nyoba ah…ngomong2 temen2 disini udah pada nyobain belum niy…

  48. yendra
    Jun 28, 2012 @ 14:40:22

    wah sdap.ye mw dunk…

  49. Iman Sri Lase
    Jul 07, 2012 @ 09:27:12

    hmmmm,,mw sih nyoba resep ini tp yah kita tinggal di asrama deh…g’ Bs masak sendiri…!

  50. novia uli
    Jul 09, 2012 @ 06:33:52

    wahh sepertiny ini enk , bkalan bsa d’coba ne d’rmh :)

  51. grosirterasi
    Sep 01, 2012 @ 08:16:34

    HHm….. baru membayangkan resep sambal terasinya mbak evi sudah kebayang nikmatnya. Patut di coba nie….

  52. sukrigober
    Sep 22, 2012 @ 14:14:17

    MANTAP

  53. rizzka
    Nov 13, 2012 @ 10:05:51

    saya tertarikkkkkkkkkkkkkk buat nyobakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  54. moeriearty
    Des 13, 2012 @ 03:31:12

    huexxks. . . mbayangin aja keknya dah gak enak. . . hehehe

  55. moeriearty
    Des 13, 2012 @ 03:41:59

    i’m just kidding. . . why so serious???

  56. nayla
    Jan 03, 2013 @ 04:48:19

    saya suka sambel trasi, sering juga membuat untuk keluarga, disajikan bersama ikan/lele, hmmm…. nyam, sedep bener, uenak tenan loh :-)

  57. bunda she
    Feb 21, 2013 @ 13:31:52

    kalau sambel terasi yang buat cukup cabe rawit aja kisaran 5 biji biar ngga kepedesan’kacang goreng’terasi’ebi’gula merah’n tomat semua secukupnya’bia itu di ulek ulek..trus disajikan..hm uenaak banget

  58. mom key
    Apr 08, 2013 @ 13:09:42

    hmmmmm…kangen sambal terasi mama di kampung..

  59. gugun@yahoo.com
    Agu 10, 2013 @ 09:22:20

    sama kangen juga sambel mama di kampung

  60. Vivi
    Sep 20, 2013 @ 03:07:41

    Mantaf resepnya

  61. RIYANTI
    Nov 15, 2013 @ 13:29:42

    aq mba makan nasi tanpa sambal hampa bgt.clingukan klw gk ada smbal,aplgi yg pedes bngt aq suka sedep,tp suami aq alergi terasi,jd aq sndri yg mkan.

  62. sewa mobil jakarta
    Feb 06, 2014 @ 05:20:08

    Mantapp!!! ngiler banget deh aku.

  63. Jasa seo
    Apr 08, 2014 @ 05:05:17

    sambel paling mantap nih

  64. Raras
    Sep 02, 2014 @ 10:20:44

    sambel trasi emang sedep banget,
    saya kadang kangen, pengin yang super puedes,
    huahhhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: