Aduh, Mahalnya Biaya Sekolah Jaman Sekarang

schoolSumber : Keluarga Cerdas.com

Tulisan ini adalah artikel ketiga yang membahas tentang serba-serbi pendidikan bagi Sang Buah Hati. Memikirkan biaya sekolah anak memang dapat membuat kepala kita pusing. Betapa tidak, semua orang pasti setuju jika dibilang biaya sekolah sekarang ini mahal buangettss! Lihat saja daftar biaya yang disodorkan sekolah mulai dari Biaya Pendaftaran, Uang Pangkal sampai Uang Bulanan, semuanya benar-benar bikin kita menghela nafas panjang bukan?!

Seperti yang sudah disinggung pada artikel sebelumnya, menyiapkan dana pendidikan anak merupakan PR yang sangat mendesak dan penting untuk dikerjakan karena ini adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda . Semakin dini dipersiapkan tentu akan lebih baik. Apalagi jika dilihat dari anggaran rumah tangga, pos “pengeluaran anak” menyedot dana yang tidak sedikit. Orangtua mana sih yang engga mau memberikan yang terbaik buat anak-anaknya?

Karena itu KCers, untuk mendapatkan gambaran yang jelas berapa sih sebenarnya dana yang perlu disiapkan, tim Keluarga Cerdas mencoba melakukan survei sederhana biaya sekolah di Jakarta.

Dimulai dari jenjang Playgroup/Preschool yang diperuntukan anak berusia 1-4 tahun. Beragam Playgroup swasta berdiri di Jakarta dan tersebar diberbagai wilayah kota seperti Jakarta Timur, Barat, Utara dan Selatan. Mulai dari yang menggunakan pengantar Bahasa Indonesia hingga Bahasa Inggris, mematok uang sekolah beragam tergantung dari fasilitas yang disediakan serta rasio jumlah murid dan guru.

Sebut saja “KidSport” yang mematok Uang Pangkal sebesar Rp. 3,5 Juta, sementara uang bulanan Rp. 300 ribu – Rp. 575 ribu yang ekivalen dengan Rp. 3,6 Juta – Rp. 6.9 juta per tahun. Ini berarti calon orangtua harus menyediakan total uang pendidikan sekitar Rp.10 Juta di tahun pertama. Nama Kelompok Bermain lainnya seperti Khayangan Montessori School (Depok), Melati Al Izhar (Cinere), Apple Tree (Muara Karang), Phoenix Kids (Menteng) dan Kepompong Playgroup (Jaksel) menetapkan biaya dalam kisaran sebagai berikut:

Uang Pangkal : Rp. 3 juta – Rp.7 juta.
Uang SPP : Rp. 400 ribu – Rp. 850 ribu (Rp. 4,8 juta – 10,2 juta/tahun)
Total tahun pertama : Rp. 7,8 juta – Rp. 17,2 juta.

Belum lagi Preschool yang menggunakan kurikulum internasional dan menggunakan bahasa pengantar Inggris seperti Dolanan dan Bina Nusantara di Jakarta Selatan, Sevilla School di Jakarta Timur yang mematok biaya:

Uang pangkal : Rp. 15 juta – Rp. 35 juta
Uang SPP : Rp. 1,5 juta – Rp. 3,0 juta (Rp. 18 juta – Rp. 36 juta/tahun)
Total Tahun pertama : Rp. 33 juta – Rp. 71 juta

Untunglah tidak semua Kelompok Bermain di Jakarta adalah swasta. Masih ada pilihan sekolah negeri yang lebih terjangkau bagi masyarakat umum.

Bagaimana dengan TK ? Ternyata TK tidak jauh beda dengan Kelompok Bermain. Nama-nama sekolah yang masuk kategori Nasional dan Nasional Plus seperti Santa Ursula (BSD), Citra Alam(Ciganjur), Ar-Rachman (Setiabudi), Jubille (Sunter), Gandhi Memorial International School (Pangandaran), High/Scope Indonesia, TK Islam Yarsi (Cempaka Putih), TK Lazuardi (Cinere), TK Marsudirini(Bogor) juga menetapkan biaya sekolah dalam kisaran yang kurang lebih sama yaitu:

Uang Pangkal : Rp. 5,0 juta – 17,5 juta
Uang SPP : Rp. 400 ribu – 1,1 juta (Rp. 4,8 juta – 13,2 juta/tahun)
Total Tahun Pertama : Rp. 9,8 juta – Rp. 30,7 juta.

Ada pula Preschool/TK yang menetapkan biaya masuk dalam mata uang asing yaitu US$ seperti Springfield Preschool dan Global Nusantara School. Besarannya adalah:

Uang Pangkal : US$ 500-US$ 1,200
Uang SPP : US$ 180 – US$ 220 (US$ 2,160 – US$ 2,640/tahun)
Total tahun pertama : US$ 2,660 – US$ 3,840

Wuuiihh, mengagumkan memang!! Atau lebih tepatnya pusing?! Untuk mendidik anak-anak usia 1 hingga 5 tahun saja, kocek orangtua kelas menengah-atas Indonesia di kota-kota besar harus terkuras demikian banyaknya..Kalau baru TK saja sudah segitu mahalnya, gimana SD, SMP dan SMA-nya ?! Belum lagi kuliah S1 dan S2!

Memang mau pingsan rasanya jika mengetahui ternyata uang sekolah untuk pendidikan anak-anak tercinta kita naik sekitar 20% setiap tahunnya. Sekarang mari kita lihat data biaya masuk SD dari sejumlah sekolah nasional unggulan di Jakarta sebagai berikut:

SD Tarakanita (Rawamangun) Rp. 7,5 juta
SD BPK Penabur (Kelapa Gading) Rp. 15 juta
SD Bellarminus Rp. 11,5 juta (SPP: Rp.800 ribu/bulan)
SD Global Jaya (Bintaro) Rp. 14 juta (SPP: Rp. 3,8 juta/bulan)
SD Al-Azhar (Kelapa Gading) Rp. 20 juta
SD High/Scope Rp. 40 juta (SPP: Rp. 2,4 juta/bulan)
SD Madania Rp. 47 juta
SD Cikal (Jakarta Selatan) Rp. 50 juta

Begitu pula dengan jenjang SMP dan SMA di Jakarta, contohnya:

SMP Don Bosco (Pulo Mas) Rp. 12 juta
SMP Lab School (Rawamangun) Rp. 16,9 juta
SMA Lab School (Rawamangun) Rp. 17 juta
SMA IPEKA Rp. 18 juta
SMA Al Azhar (Pondok Labu) Rp. 22 juta (SPP: Rp. 800 ribu/bulan)

KCers, data-data diatas diambil dari berbagai sumber dan data survei yang dilakukan pada tahun 2007 dan 2008. Setelah mengetahui berapa dana yang harus kita sediakan untuk pendidikan anak-anak kita, masih beranikah kita menutup mata dan menunda persiapannya ?! Cobalah untuk menghitung dari sekarang berapa biaya sekolah yang harus disediakan bila saatnya tiba anak Anda sampai ke jenjang pendidikan diatas dengan kenaikan per tahun sekitar 20%…mudah-mudahan Anda masih sadar melihat angkanya..(Copyright © 2008 KeluargaCerdas.com).

About these ads

65 Komentar (+add yours?)

  1. Bunda Dava - Eltra
    Jun 04, 2009 @ 11:22:32

    Waduh…
    bener bgt niy…
    sdh 2 hari ini saya browsing cari sekolah TK Dwibahasa yg terjangkau…
    Tapi susah…

  2. luciana
    Jun 08, 2009 @ 09:34:42

    memang benar… makanya dari um,ur 1 tahun atau klo perlu masih dalam kandungan kita harus siap dengan biaya2 iut semua …. menurut pengalaman sejak kita mengandung kita harus siapkan satu rekening di bank … sisihkan sebulan 100 atau 200 ribu … nanti buat bekal biaya sekolah mereka …. jadi senadainya kurang2 kita nambahnya tidak kebobolan …. begitu …

  3. sadiesoegi
    Jun 16, 2009 @ 08:58:44

    terima kasih artikelnya.. membuka mata sekali. Anak saya 2, dan dari lahir, kami sudah menabung biaya pendidikannya. bahkan, saking takut kurangnya, si sulung ada 3 tab. pendidikannya. yg bungsu, baru satu.. rencana kami mau tambah lagi. ironis ya.. dari lahir menabung.. semoga si anak ini jadi anak yg berguna… ( tangan ditaruh di dagu dan melamun….)

  4. anita nugroho
    Jul 01, 2009 @ 09:04:56

    kalau baca artikel ini, mendorong saya dan suami saya untuk lebih giat lagi bekerja dan menghemat demi pendidikan putra kami nanti

  5. uli pandjaitan
    Jul 29, 2009 @ 06:54:02

    Saya membuka sekolah di daerah Kalisari/cijantung jakarta timur untuk anak usia 2-5 tahun dengan alasan sewaktu saya pulang dari Amerika tahun 2004, saya melihat bahwa good education di indonesia lebih terfokus untuk kalangan orang tua yang kerja dengan gaji yang 2 digit (syukur2 3 digit). Saya buka dgn misi buat anak saya syukur2 nambah 20 orang untuk nutup costs pakai rumah ortu saya yang masih sangat bagus. Saya bikin kolam renang, playground di alasin rubber khusus saya imported supaya kalau jatuh ngga sakit. Ternyata sambutannya bagus sekali, di tahun pertama saya mempunya 85 murid, sekarang sudah tahun ke 3 dan murid kami ada 127. Luas tanah nya 3200m2 dan pohon2nya udah lebih 20 tahunan jadi sangatlah adem buat anak2 lari. uangnya cuma ada uang tahunan & bulanan (snack, fieldtrips, alat tulis, photocopy, dokter gigi) sudah termasuk) harga uang tahunan berkisar antara 1 jt-2.5 dan uang bulanan 150-450 ribu/bulan. Saya ngga pernah advertise anywhere because I would like to keep the school small. Next year, we are opening an elementary school next door from the Noah Early Childhood Center for families who make around 5 mill/month. Guru2 saya rata2 lulusan psych karena jurusan early childhood belum ada di Indonesia. They are very competent and dedicated to the kids. Please do check out our website within a month or so if you want to know more and agree that good education should be affordable to just about anyone. Thanks!
    U can check our temporary website now from http://www.designlab.co.id/noah

  6. inten tirkasari
    Jan 14, 2010 @ 06:55:16

    Tidak sangka uang pangkal masuk SD si kecil sangat mahal. Kemarin aku cek di sekolah Pembangunan Jaya – bintaro membuka harga Rp. 19 juta, al-azhar Bintaro Rp. 18 juta.. berhubung kami tinggal di daerah bintaro, tadinya tidak mau capek harus keluar daerah pemukiman untuk mencari sekolah, ( takut si kecil akhirnya kecapean di jalan). Tapi apakah nama besar sekolah menjamin mutu pendidikan? karena cerita masing – masing orang tua berbeda – beda, jadi agak deg – deg an juga untuk memilih sekolah tersebut.. bagiamana dengan sekolah dasar negeri percontohan?? ada yang bisa kasih ide dan saran??

  7. berlin
    Jan 20, 2010 @ 05:53:25

    saya sebenarnya tidak kaget dengan uang uang itu, sekarang mana ada yang bagus dengan harga murah…
    daripada saya gila,
    saya sudah meng-asuransikan anak pertama saya dari setahun sebelum saya nikah, dan akan cair 6 th kemudian…
    semoga dengan melakukan hal itu saya tidak jadi gila karena biaya pendidikan…

  8. Ay
    Jan 25, 2010 @ 08:22:37

    memang gila..
    harusnya pemerintah membuat pedoman tentang hal ini. sementara pihak sekolah juga memanfaatkan kekhawatiran berlebihan para orang tua untuk menyekolahkan anak di sekolah negeri.
    padahal sebenarnya sekolah negeri juga bagus, para pesohor negeri ini juga sebagian besar alumni sekolah negeri.
    andrea hirata alumni sekolah yang bangunannya mau rubuh.
    secara kualitas sekolah swasta & negeri gak beda jauh. coab cek di ITB, UI, berapa % yg alumni sekolah swasta? paling 10%.
    tapi sayang istriku juga pengennya masukin anak yg sekolahnya mahal… apa daya.. hiks..

  9. Lena Lase
    Jan 25, 2010 @ 10:27:55

    iya ya…makanya harus sering menabung, biar sedikit tapi kalo rajin kan lama2 juga akan banyak terkumpul….apalagi kalo gaji perbulan pas2an ntar bisa bingung kalo sudah hari “H” nya….kan tidak enak kalo ngutang apalagi ngemis ke saudara atau orang lain….kalau kita ingin anak2 bisa masuk sekolah mahal seperti istri anda ya harus berkorban dan berusaha… dipikir lebih dalam lagi dong jangan sampai putus di jalan, maksudku ntar udah masuk sekolah mahal trus ndak bisa bayar perbulannya kan kasihan tuh anak kalo ditagih ma TU….

    kalo mau menyekolahkan anak buang jauh2 rasa gengsi….kalo ada duit silakan…tapi kalo ndak ada duit masa kita mau memaksakan diri masuk sekolah mahal….nanti kan bisa susah sendiri akhirnya….tapi itu semua kembali pada pikiran orang tua masing2……yang jelas semua orang tua mau yang terbaik untuk anak2nya …ok…

  10. melina
    Feb 17, 2010 @ 09:20:05

    for ur info; kalau saya sekolahin Gina di Flying Star Preschool 021-98585856. Baru buka sih kayak sebulan. Tapi berhubung baru buka itu jadi ngga ada uang pangkat uang apa uang apa, yang ada uang bulanan Rp.250,000 sama biaya seragam yang satunya harganya Rp. 70,000 n terserah kita mau beli berapa. Jadi salah satu yang punya itu, juga salah satu owner sekolah mentari, yang nemuin Speech and Language Pathologi di filipina. Konsep mereka rada beda sih dengan sekolah lain, konsep mereka tuh learning itu seharian penuh bukan disekolah aja, jadi di sekolah cuman untuk introduce new things n biar ada strukturenya, di rumah bermain sambil belajar dengan asisten ibu mereka (untuk yang bisa afford ambil satu asisten ibu dari mereka) kalau yang ngga bisa afford ya ibunya deh yang harus berpartisipasi dalam pendidikan anaknya

  11. -
    Mar 01, 2010 @ 14:43:16

    JANGAN MENYERAH
    Mari Membeli Masa Depan

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  12. -
    Mar 21, 2010 @ 16:03:18

    Sungguh miris melihat ada orang yang masih saja mencari kesempatan dalam kesempitan. Pantas saja negara ini tidak akan maju kalau masih ada orang seperti arief_gagah@yahoo.com menjual ijasah aspal dengan leluasa. Mungkin saudara perlu sekali-kali menginap di hotel rodeo..hahahaha

  13. jaka herdis
    Mei 22, 2010 @ 14:23:47

    Iya memang itu faktanya,biaya pendidikan akan teruz meningkat..tapi masih ada jalan koq untuk mengatasinya,jangan pusing2,tinggal nabung aja dari sekarang..jgn pernah ragu untuk saving uang anda..sedikit2 lama menjadi bukit,biaya pendidikan itu ibarat kita mencicil barang,harus dimulai,harus penuh perencanaan dan komitmen untuk terus menabung..
    dan yang terpenting dimana tempat kita menabung,
    klo mau tau lebih jelas ttg tabungan anak kita bisa sharing kan,saya siap membantu mewujudkan impian putra-putri anda..
    silahkan telp ke 021-99058197 / 087 884 889 502 / 0838 95279791 jaka..gratis loh…

  14. wow
    Agu 20, 2010 @ 09:37:56

    woow, salut ma bang arif.. hahaa..
    trimakasih juga buat blognya. sangat membantu.. :)
    god bless

  15. Andreas
    Sep 17, 2010 @ 16:47:48

    baca blog ini saya baru ngeh, dulu ortu saya bayarin uang sekolah waktu sd smp sma abis brp ya….

  16. dian
    Nov 05, 2010 @ 03:54:25

    buka tabungan pendidikan anak aja dr br lahir ternyata skrg cuma cukup tuk bayar pendaftaran TK internasional. Aduh bingung jg jd seorang ibu :)

  17. riri
    Nov 12, 2010 @ 13:31:40

    Andreas, makanya harus sayang, hormat, dan nurut sama orang tua yang sudah banting tulang pontang panting cari uang untuk menyekolahkan anda, jangan pernah kurang ajar sama orang tua deh pokoknya :-).
    Terus terang, saya juga bingung, kenapa biaya sekolah di Indonesia ini kok begitu mahalnya. Sudah bayar uang bulanan, nanti naik kelas masih juga harus bayar uang sarana / pendaftaran ulang. Saya tanya untuk apa, toh anak saya masih sekolah di sekolah yang sama, kok harus bayar uang pendaftaran? yang ditanya hanya meringis, tidak tau harus menjawab apa. Saya juga sedang timbang2 untuk masukin anak saya ke SMP Negeri aja. Tapi yang favorit pun, sekarang sudah mulai “tau harga”. Jadi supaya keliatan gengsinya, uang pangkalnya pun harus tinggi. Jadi, ada yang bisa kasitau, kira2 uang pangkal masuk SMP negeri yang biasa2 aja, berapa ya?

    Untuk Uli Pandjaitan, di sekolahnya sudah ada jenjang SMP belom? Kabari ya.. tengkyuuuuuu…..

  18. very
    Des 26, 2010 @ 02:09:58

    Global jaya Bintaro untuk SD uang gedung Rp.76.000.000. Uang bulanan Rp.5.000.000.-an yg harus di bayar per 3 bulan atau langsung setahun.

  19. ikka
    Jan 27, 2011 @ 18:20:58

    Apapun yang terjadi, pendidikan buat anak yang utama, makan nasi pake garam jadilah biar anak sekolah setinggi2nya.

  20. Lena Lase
    Feb 04, 2011 @ 16:07:48

    Hahahaha….betul itu Ikka…….asal ndak kelaparan aja……

  21. Nofi
    Feb 07, 2011 @ 10:16:52

    Betul tuh Mbak Ikka, Asalkan anak2 bisa masuk sekolah yg bagus, mutu bagus. Kita ortunya, nggak beli baju dulu deh sampe setahun, hahaha

    Btw, kasih info dong SD Islam di Daerah Jagakarsa yang Bagus Mutunya dan Tidak terlalu mahal biaya sekolahnya. Soalnya anakku tahun ini Masuk SD, tapi jelas tidak bisa masuk SD negeri, hikhikhik, soalnya bulan Juli 2011 nanti belum genap 6 tahun.
    Di tunggu ya Informasinya.

  22. Jelita
    Feb 27, 2011 @ 12:03:17

    wah..wah..wah jd ngeri ya kalo bc mahalnya biaya pendidikan anak jaman sekarang. ortu sih maunya kasi yg tbaik buat anak2nya.
    itu baru buat sekolah, belum lagi makanannya, vitaminnya, baju+perlengkapannya, mainannya, jalan2nya (baru 1 anak). belum lagi kalo anaknya 2 ato 3. perlengkapan buat ortunya, bayar asisten, uang bensin, rumah, mobil. kira2 ortunya punya gaji brapa ya sebulan?

    hidup..hidup..!!

  23. Bpk. Tasiahon
    Feb 28, 2011 @ 10:54:46

    org jmn skrg biar g ada duit tp brsaha gimna anaknya bs sekolah tinggi, ngutang sana sini yg penting cari ilmu abis gmana coba ? Blm lg istriku satu ini yg gayanya selangit, g pp si krn dia kerja di kntor, coba ja dia hy ibu rmh tgga pasti kt pulangkan sj di kmpnya, bgtu berat biaya hdp jmn skrg ini smua ini itu mau pdhal berapalah gji blnan sy.

  24. petruk
    Mar 25, 2011 @ 03:58:19

    kalau saya sich tenang aja, urusan nasib ditangan tuhan yang penting kita kerja keras dan ikhtiar., sekolah yang murah juga banyak, nggak perlu gengsi gengsian, toh anak semua sekolah di negri yang murah, dan anak saya semua juga bisa sekolah diluar dan dapat beasiswa.

  25. Sariana
    Mar 26, 2011 @ 07:51:12

    Dulu ortu sy hrs mencangkul keras demi sy bisa sekolah, sekrg sy hrs keliling RT utk mendemokan brg2 elektro demi uang sekolah anak2 sy begitu trs usaha2 ortu thdp anak2nya tp ya kok masih ada saja anak2 yg tdk mensyukuri itu bahkan merasa minder terhdp teman2nya

  26. urhee
    Mei 05, 2011 @ 04:40:55

    Sebetulnya tujuan akhir dari sekolah itu yang penting untuk dilihat & dipertimbangkan. Sekolah semahal itu punya visi & misi untuk mencetak anak menjadi apa? Apabila cuma untuk mencekoki anak dengan segala ilmu pengetahuan yang tidak terarah untuk jadi apa, buat apa bayar mahal2x? Karena toh masing2x anak punya talentanya masing2x…. Tdk semua jenius di mata pelajaran matematika misalnya. Nah kalau sekolah mahal tapi menggeneralisir saja semua anak “harus” belajar seperti itu, sama saja bohong bayar mahal2x…. Toh, di masa depan yang utama adalah agar anak itu mandiri, bisa cari uang dg harga diri (bukan jadi koruptor & penindas sesamanya) & bahagia dengan karir yang dipilihnya….

  27. Ichsan
    Mei 12, 2011 @ 15:08:16

    waduh mahal banget ya..tenang anakku, ayahmu sudah memulai sisihkan untuk bekel sekolahmu…asuransi pndidikan bisa jadi solusi :)

  28. jessi
    Mei 31, 2011 @ 06:59:59

    iya memang sekolah smua mahal2 skrg, sayajuga lagi bingung nih mau skolahin anak kmana. lagi pilih skolah yg dekat dg rumah krn di jkt kan macet bgt. nah yg deket rumah itu pskd, tarki, n sekolah int spt mentari. aku sih msh cari utk playgrou n tk nya skalian. pskd lumayan murzh uzng pembangunan skitar 3 juta n uang skolah 350 ribuan. klo tarki lebih mahal uang pangkal 8 juta n uang bulanan 800 ribuan. nah mentari buset mahal bgt uang pangkalnya 7,5 juta tapi uang skolahnya per 3 bulan 6 juta. gila deh. tapi saya liat sih di int school memang bagus, apalagi yg pakai sistem montesori yah bagus deh. ada harga da kualitas. saya bingung juga klo skolah katolik tarki pasti sistem metodenya juga msh old yah kurang mengikuti jaman. nah malah skolah kristen skrg kayanya lbh maju. bingung deh mana ya kira2 saya mau daftarin anak skolah. thanks klo yg bisa berbagi pengalamannya.

  29. SrihastutiLOL
    Jun 15, 2011 @ 04:43:27

    salam kenal ya saya salah syatu ortu yg bingung cari sekolah anak saya skrg msh di singapura sec school mau balik akhir tahun sekolah mana ya yg dekat daerah cimanggis atau cibubur utk setingkat smp tidak harus international mungkin smp plus. thanks infonya ya. :)

  30. ERNAWATI
    Nov 22, 2011 @ 11:05:20

    Menurut saya tidak hanya menabung dengan cara kita sendri tanpa ada wadah yang benar dalam membenahi cara kita menyisihkan dana buat anak kita untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak buat mereka,saya sangat setuju jika wadah tersebut ter PROGRAM dalam asuransi pendidikan,memang terkadang melihat nominal preminya tidaklah sedikt tapi jika kita kaji ulang berapa biaya dia kelak jika sekolah ,premi itu tidak berarti apa-apa,saya menyaran kan jika ingin memilih asuransi buat pendidikan buah hati kita ,pilih lah yang bersifat PASTI, yaitu tradisional program asuransi,sekalipun mahal preminya tapi manfaat yang di terima SESUAI DENGAN PERJANJIAN POLISH DI AWAL, diberikan sesuai tahapan tahapan dana yang di keluarkan mengikuti kenaikan jenjang pendidikannya,dari TK sampai kuliah S3. oleh karena itu kita dapat menunjang pendidikan anak kita dengan memilih sekolah yang bertaraf INTERNATIONAL. sangat luar biasa!!! .jika bagi ortu yang ingin mengetahui info lanjut soal program ini,silahkan hubi,08111778798,dgn ibu ERNAWATI,Insurance Consultant SEQUISLIFE,Semoga program dan info kami dapat mendukung cita cita buah hati anda,

  31. christie
    Feb 24, 2012 @ 07:25:51

    sebenarnya sekolah internasional itu dahulunya (awal2 tahun 70-80an) didirikan khusus untuk anak2 yg parents expatriate dari luar negeri terus bekerja di Jakarta supaya sang anak yg memang udah adapt dengan kurikulum diluar gak perlu capek2 testing atau turun kelas ketika apply ke sekolah int’l tersebut. tentunya memang disesuaikan dengan gaji ortu expat tsb yg memang terbilang mampu. kalaupun ada anak WNI yg sekolah di sekolah int’l itupun sedikit sekali jumlahnya saat itu. perintis int’l school antara lain JIS, AIS, BIS, Gandhi Memorial International.

    saya sendiri sedari TK disekolahkan di Gandhi Memorial School tapi yg national plus punya (awal taon 90an ingat sekali belum ada itu sekolah2 label internasional menjamur kayak sekarang) karena orang tua memang niat kuliahkan saya di luar negeri (skrg saya lagi nempuh pre-master program di USA) jadi sudah aware dgn biaya yg hrs dikumpulkan. di sekolah tsb juga balance kurikulumnya dapet kurikulum Indonesia dpt pula kurikulum UK sehingga gak sia2 juga lah ilmunya mmg kepake (ujian IGCSE Cambridge itu yg paling susah tapi saya bisa lulus juga dgn predikat baik hehe).

    banyak skrg sekolah2 baru muncul dgn label internasional bahkan kurikulum dan tempatnya pun gak jelas (masak sekolah di ruko?!) yg matok harga gila2an menurut saya tapi kualitas pengajarnya diragukan begitu. banyak saya kenal ortu masukin anaknya ke sekolah2 internasional / mahal tapi ujung2nya kuliah di Indonesia juga atau malah kuliahnya gagal. semata2 krn gengsi doang and minta plus2nya yakni bhs inggris tapi grammar nya + pengetahuan kacau balau. justru banyak siswa/i Indonesia yg SMP/SMA nya di sekolah biasa (bukan int’l) macem Tarakanita, Santa Ursula, Al Azhar, bahkan sekolah negeri favorit bisa aja malah pernah dapet beasiswa dari univ2 Ivy League.

    kalau saya bilang sih, untuk jaman skrg, lebih baik menabung sejak dini tapi tentu jangan terlalu memaksakan diri harus masukin sekolah mahal. apalagi anak lebih dari dua, kasihan kan kalau putus di tengah jalan. sekolah yg bagus tapi standar aja (nasional plus/swasta/negeri yg oke) nah udah jenjang kuliah baru deh yg oke dan mantap. ngeri mmg jaman skrg minta uang gedung di Indonesia, jaman saya sekolah TK-SD gak ada uang gedung2an sih.

    buat Ms.Lena, artikelnya menarik:)

  32. rusmini
    Feb 26, 2012 @ 07:40:32

    thanks Mrs. Lena, memang betul uang masuk sekolah di indonesia sangat mahal, apa sebabnya???? saya befikir apakah bisa kita membuat sekolah national tapi juga berstandar International dengan harga terjangkau bagi kaum menengah kebawah, karena selama ini banyak sekolah berstandar hanya dapat dinikmati oleh kaum menengah keatas…

  33. Lekat
    Jun 07, 2012 @ 13:35:49

    Mindset para orangtua jaman dulu dg orangtua sekarang harusnya beda, orangtua jaman dulu mendidik kita harus sekolah yang bagus, sekolah yang tinggi agar dapat pekerjaan yang bagus dan pergaulan yang bagus, sekolah mahal mahal, dan akhirnya jadi karyawan juga, mending kalo gajinya besar, sedih kalo melihat sekolah mahal2, kerja bertahun tahun gaji hanya cukup untuk menyambung hidup, bosan dengan lingkungan kerja akhirnya kasak kusuk cari sampingan untuk menutupi biaya hidup yang semakin tinggi.

    Seharusnya orang tua jaman sekarang sudah mulai mengajari anak BISNIS sejak dini, bukan malah menyiksa diri untuk mencari sekolah yang mahal, perlu direnungkan menjadi karyawan berapapun gajinya, apapun jabatannya itu semua tidak bisa diwariskan, hanya cukup untuk menyambung hidup saja.

    Teman saya orang Singapore dia pernah cerita sama saya, dia punya anak sekolah di Australia, selama sekolah Australia menghabiskan uang U$D 360.000,-
    setelah tamat sekolah anaknya diabilang “SAYA MAU JADI PELUKIS” teman saya ini merenung sambil menangis dikamarnya, dia katakan sampai kapan uang saya bisa kembali kalo anak saya jadi PELUKIS, singkat cerita akhirnya anaknya diajari bisnis, karena memang kebetulan teman saya ini jabatannya CEO dari perusahaan besar di singapore.

    salam

    Lekat

  34. Jual Tanah
    Agu 18, 2012 @ 10:01:05

    Untuk sma, sekolah international yang bagus tapi gak terlalu mahal, di mana yah ?

  35. Beranak 3!
    Des 02, 2012 @ 16:11:19

    Sebenarnya… pilih (baca: beli) sekolah itu sama persis kayak pilih (baca: beli) kendaraan. Semua adalah alat transportasi yang bisa mengirim /transport dari suatu tempat A ke tempat B atau tempat yang lain. Kalau ortu tak punya banyak duit, anak diantar ke sekolah naik sepeda motor; kalau ortu cukup berduit, anak diantar sekolah naik Kijang, kalau ortu kaya raya anak diantar sekolah naik Alphard. Tipe yang naik sepeda motor.. jangan ngimpi untuk naikin anaknya ke Aplhard atau Kijang. Begitu juga dengan sekolah. Yang tipe naik sepeda motor, jangan masukin anaknya disekolah yang banyak pakai Kijang atau Alphard. Kasihan ortu dan anak. Tidak akan pernah balik modal dalam rasa sakit hati atas kemahalan (baca: gengsi).
    Apakah sekolah mahal equivalent dengan dapat mengantar anak untuk menjadi lebih pintar daripada sekolah murah? Belum tentu. Semua tergantung anak. Apakah naik Alphard equivalent dapat sampai tujuan lebih cepat daripada Kijang atau sepeda motor? Belum tentu. Tergantung pengendaranya.
    Cumaaaan… memang kalau naik Alphard, lebih nyaman. Begitu juga dengan sekolah mahal…, lebih nyaman (ada kolam renang, ada native speaker teacher, etc). Namun, kalau memang takdir kita sementara ini secara keuangan hanya bisa afford sepeda motor atau kijang… ngapain maksa diri harus beli Alphard?!?!?

  36. Parent
    Des 09, 2012 @ 18:27:51

    Salah satu yang membedakan sekolah standar internasional dengan sekolah negeri adalah penekanan lebih untuk siswa bisa lebih mengembangkan diri dalam hal berpikir kritis, terstruktur dalam mengatakan pendapat, dan tentunya kemampuan inter-personal.

    Kekurangannya adalah dari sisi akademis, kalau harus diadu mengerjakan soal2 UAN tentunya secara umum siswa dari sekolah negeri lebih unggul.

    Sebagai orang tua tentunya kita ingin anak2 kita hebat di semua aspek; akademis, inter-personal skill dll, namun kenyataannya 99.99% anak2 kita bukan superman.

    Saya sekolah dari kecil sampai kuliah di sekolah negeri, intinya jalur akademis. Sekarang bekerja di perusahaan multinational. Kelemahan sebagian besar orang Indonesia dibandingkan dengan orang2 dari misalnya Amerika, Eropa atau India, adalah kemampuan untuk mengemukakan pendapat dengan terstruktur atau berfikir kritis tidak sebaik mereka.

    Mungkin orang kita punya pengetahuan yang dalam, tapi ketika berada di satu pertemuan dengan orang2 asing, yang banyak berbicara adalah orang2 asing. Orang2 kita kalah dalam beragumentasi dengan kritis dalam bahasa Inggris.

    Tentunya ini umumnya…., ada contoh juga orang Indonesia yang juga bisa luar biasa.

    Kemampuan non-akademis ini paling critical dikembangkan kepada anak2 dari usia dini sampai SMP. Setelah SMA atau perguruan tinggi, tidak terlalu berpengaruh lagi.

    Di Amerika, pembelajaran anak SD lebih dengan cara guru memberikan materi singkat untuk satu topik pembicaraan, kemudian setiap anak mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya atau berargumen dengan teman2nya mengenai topik yang sedang dibahas. Kalau di Indonesia, anak2 diajarkan lebih untuk mengerjakan soal2 supaya bisa lulus kenaikan kelas atau bisa melanjutkan ke sekolah favorit.

    Kalau anak2 SD/SMP Amerika disuruh mengerjakan, misalnya matematika UAN Indonesia, mereka pasti kelabakan. Kita selalu meraih medali di olimpiade sains pelajar, Amerika saya tidak pernah dengar dapat medali.Tapi mengapa pemenang Nobel matematika, fisika, kimia, kedokteran dll sebagian besar orang Amerika?

    Menurut saya, mereka dikembangkan kemampuan untuk selalu berfikir out of the box dari kecil dengan cara pembelajaran seperti yang saya sebutkan di atas. Mereka dibiarkan berfikir bebas. Itulah yang akan akan selalu mereka bawa ketika mereka dewasa.

    Saya waktu menyekolahkan anak saya, sempat befikir apakah ke jalur akademis di sekolah negeri atau yang ‘non-akademis’. Akhirnya saya pilih non-akademis di sekolah internasional berbahasa Inggris untuk ketiga anak saya walaupun biayanya lumayan mahal, setahun bisa buat beli satu mobil ;-(

  37. Kusumo
    Des 25, 2012 @ 18:07:05

    saya orang tua lulusan SMA Negeri daerah Blok M….punya dua Puteri, yg manja dan pendiam….daftar masukan SMA Tarakanita 1–Pulo Raya….tertegun juga, + kaget…secara gradually MANDIRI dan cepat tanggap atas suatu masalah ada jalan keluarnya,problem solving cepat….saya juga gak mau cari Genius anak,ato jadi super kaya…hanya puteri bisa berdikari dan mandiri aja cukup……salut dng metode Tarakanita tetap eksis

  38. ulfa
    Jan 16, 2013 @ 08:48:38

    karena umur anakku kurang dari 6 tahun, maka tidak bisa masuk sd negeri, SD IT Aluswah jagakarsa, masuk sd bayar 7, 8 juta, perbulan 325 rb….saya butuh info SD IT di jagakarsa…please :)

  39. widya
    Feb 06, 2013 @ 04:43:50

    Sebenarnya sekolah di mana-mana sama saja, tinggal kembali lagi ke anak tersebut. Apakah sekarang ada sekolah yang menjanjikan bahwa sekolah tersebut memberikan garansi kepada orang tua apabila lulus dari sekolah tersebut akan dijamin menjadi orang yang sukses/berhasil? Tak ada sekolah satupun yang berani memberikan jaminan seperti itu. Jadi untuk bapak/ibu janganlah menjadi pusing/bingung untuk menyekolahkan putra dan putrinya.
    Memang kita ingin menjadikan anak kita menjadi anak yang sukses/berhasil. Tetapi keberhasilan itu bukan semata mata berasal dari sekolah yang mahal tetapi bagaimana kita mengembangkan talenta/bakat yang dimiliki anak. Kesuksesan orang tidak hanya berasal dari IQ yang tinggi tetapi EQ dan SQ yang menunjang. Menurut pakar pendidikan, SQ dan EQ yang tinggi malah akan menjadikan anak itu berhasil/sukses dibanding dengan IQ yang tinggi.
    Oleh karena itu bapak/ibu, jadikanlah anak kita untuk menjadi anak yang sukses di bidangnya, janganlah kita memaksakan kehendak kita untuk menjadi apa yang kita inginkan, tetapi jadikanlah anak kita untuk menjadi pribadi yang memiliki SQ dan EQ yang tinggi (mampu mengatur emosinya, mampu berkomunikasi yang baik dengan lingkungan, dan paling utama adalah memiliki akhlak yang tinggi). Anak kita bukan robot, anak kita bukan mesin, maka marilah menjadikan mereka untuk menjadi orang yang sukses di bidangnya. Kita tidak perlu malu menyekolahkan anak kita di sekolah negeri, tetapi alangkah baiknya sekolah negeri itupun juga baik/terakreditasi (A). Sekolah yang baik bukan dilihat dari mahalnya uang pangkal atau uang SPP yang tinggi. Tetapi bagaimana sekolah tersebut mampu mengembangkan bakat yang dimiliki tiap anak tanpa harus dibebani kegiatan yang menumpuk.

  40. Allstate vehicle insurance ratings
    Apr 30, 2013 @ 03:27:20

    This article offers clear idea in favor of the new people of blogging, that truly how to do
    blogging.

  41. Bob
    Mei 01, 2013 @ 22:38:55

    I relish, lead to I found just what I used to be looking for.
    You have ended my four day lengthy hunt! God Bless you man.
    Have a great day. Bye

  42. auto auctions kansas city mo
    Mei 02, 2013 @ 14:52:48

    I’m curious to find out what blog platform you happen to be using? I’m having some small
    security problems with my latest site and I’d like to find something more risk-free. Do you have any recommendations?

  43. vehicle insurance quotes comparison
    Mei 02, 2013 @ 16:07:07

    Hello, I do believe your web site might be having internet browser compatibility issues.

    When I take a look at your site in Safari, it looks fine however, if opening in I.
    E., it has some overlapping issues. I simply wanted to provide
    you with a quick heads up! Apart from that, excellent website!

  44. diet plan pdf download
    Mei 12, 2013 @ 11:15:18

    Wow, that’s what I was exploring for, what a data! existing here at this web site, thanks admin of this website.

  45. compare the nation
    Mei 22, 2013 @ 13:37:13

    Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though
    you relied on the video to make your point. You clearly know what youre talking about, why
    throw away your intelligence on just posting videos to your blog when you could
    be giving us something informative to read?

  46. cheap life insurance for people over 50
    Mei 24, 2013 @ 06:41:56

    Have you ever thought about including a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is valuable and everything.
    However imagine if you added some great graphics
    or videos to give your posts more, “pop”! Your content is excellent but with images and video clips, this website
    could certainly be one of the best in its niche. Very
    good blog!

  47. cheapest car insurance zurich
    Mei 28, 2013 @ 16:13:49

    It’s amazing for me to have a web page, which is helpful designed for my knowledge. thanks admin

  48. LiveStrong (@anwarkrg)
    Jun 08, 2013 @ 14:54:16

    Untuk menjadi anak yg berhasil tdk hanya sekedar hard skill tetapi jg butuh soft skill yg tdk diajarkan di bangku sekolah. Anak yg tumbuh dalam tempaan kehidupan yg sulit biasanya akan lebih tangguh ketika dewasa. Lihat kebanyakan pemimpin dunia adalah berasal dari kalangan biasa. Jadi buat yg ekonominya pas-pasan tdk perlu pesimis. Yang penting adalah di rumah ditanamkan rasa percaya diri kepada anak dan juga akhlak yang baik (kejujuran) agar kelak bisa memperbaiki Indonesia di masa mendatang

  49. cheap car insurance in ny for young drivers
    Jun 19, 2013 @ 23:05:23

    Thanks for finally talking about >Aduh, Mahalnya Biaya Sekolah
    Jaman Sekarang | Lena Lase Wacker <Liked it!

  50. cheap life insurance for senior citizens
    Jun 20, 2013 @ 01:36:18

    Hi! I’ve been reading your blog for some time now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from New Caney Texas! Just wanted to tell you keep up the fantastic work!

  51. cheap life insurance for my parents
    Jun 20, 2013 @ 08:53:00

    I think the admin of this web site is truly working hard in favor of his
    web page, because here every stuff is quality based data.

  52. no carb diet plans
    Jun 26, 2013 @ 12:30:12

    I was very happy to uncover this site. I wanted to thank you for ones time just for this fantastic
    read!! I definitely appreciated every little bit of it and i also have
    you book-marked to look at new information on your blog.

  53. Find Me Landlords Insurance
    Jun 28, 2013 @ 12:52:43

    I am in fact grateful to the owner of this site who has shared this
    wonderful article at at this place.

  54. Get Me Private Health Insurance
    Jun 28, 2013 @ 15:51:21

    Excellent blog here! Additionally your web site so much up
    very fast! What host are you using? Can I am getting your associate hyperlink in your host?
    I want my website loaded up as quickly as yours lol

  55. automobile insurance quotes florida
    Jun 29, 2013 @ 22:00:01

    I drop a comment each time I especially enjoy a article on a site or I have something to
    add to the discussion. Usually it is a result of the fire displayed in the post I
    browsed. And on this post Aduh, Mahalnya Biaya Sekolah Jaman Sekarang | Lena Lase Wacker.
    I was moved enough to create a commenta response ;) I do have a couple of questions for you if it’s allright. Could it be simply me or does it seem like a few of the comments look as if they are coming from brain dead individuals? :-P And, if you are posting on other sites, I’d
    like to follow you. Could you list the complete urls of all
    your shared pages like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

  56. cheap car insurance companies in va
    Jul 01, 2013 @ 04:40:24

    I rarely drop comments, but i did a few searching and wound up here Aduh, Mahalnya Biaya Sekolah Jaman Sekarang | Lena Lase Wacker.
    And I actually do have a couple of questions for you
    if you tend not to mind. Could it be simply me or does
    it appear like a few of the comments look as if they are left by brain dead folks? :-P And, if you are posting at other social sites, I’d like to keep up with anything new you have to post. Could you make a list of every one of all your social pages like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

  57. cheap car insurance young women drivers
    Jul 05, 2013 @ 12:40:08

    Magnificent beat ! I would like to apprentice while
    you amend your web site, how could i subscribe for a
    blog website? The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright
    clear idea

  58. free life insurance calculator for website
    Jul 30, 2013 @ 20:44:23

    I will immediately take hold of your rss as I can’t find your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you’ve any?
    Kindly allow me recognize so that I may just subscribe.
    Thanks.

  59. cheapest car insurance under 25
    Jul 30, 2013 @ 21:30:21

    I absolutely love your blog and find almost all of your post’s to be exactly what I’m looking
    for. Do you offer guest writers to write content available for you?
    I wouldn’t mind writing a post or elaborating on a few of the subjects you write regarding here. Again, awesome web site!

  60. allstate insurance claims department texas
    Agu 04, 2013 @ 16:02:53

    If you desire to grow your experience just keep visiting this web
    page and be updated with the most up-to-date news update posted here.

  61. ami
    Agu 06, 2013 @ 04:51:43

    salut buat mba Ikka, Inget saya waktu kecil sarapan pagi kadang cuma nasi, jelantah, dn garam. ayah pns anak 7, pas susah2nya, tpi masa hrs terulang lagi

  62. life insurance cover without health checks
    Agu 08, 2013 @ 14:12:17

    I’m truly enjoying the design and layout of your website. It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more often.
    Did you hire out a designer to create your theme?
    Fantastic work!

  63. fathuljannah
    Agu 30, 2013 @ 11:09:32

    Assalamu’alaikum.anak mau sy pindahin sklh.tapi mentok di dana.kasihan…pendidikn d sklhny buat sy sedih;(knp bgtu mahal biaya pendidikan?

  64. Olfi
    Sep 20, 2013 @ 03:10:50

    Sekolah kayak belanja barang mau yang murah ada, yang mahal banyak….

  65. ブランド ブレスレット
    Okt 23, 2013 @ 02:23:35

    アクセサリー メンズ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: